Tips Awal Menjadi Youtubers

Tags


Tips awal menjadi youtubers - Mau jadi Youtubers? Simak artikel berikut!

Bagi anda yang baru mau terjun di dunia Youtube dan ingin mendapakan dolar dari Youtube alangkah baiknya menyimak tips berikut ini agar jalan anda lancar.

1. Pisahkan email blog dengan email Youtube (Khusus Blogger)

Hal ini tidak berlaku untuk anda yang mempunyai chanel dengan video original karena video original buatan sendiri akan terhindar dari klaim hak cipta tinggal bagaimana pemilihan audio untuk video tersebut.

Kenapa harus dipisahkan?

Tidak ada salahnya menggunakan email yang sama antara akun blog dengan youtube, namun alangkah baiknya menggunakan alamat email yang berbeda. Karena jika anda menjadi youtubers dengan hasil re-upload video maka akan sangat rawan dengan pelanggaran hak cipta.

Jika kategori pelanggaran sudah terlalu parah akan menyebabkan chanel youtube di suspend atau ditutup. Yang mau tidak mau nama anda akan diwaspadai oleh Google karena pernah melakukan pelanggaran. Jangan sampai pelanggaran yang anda lakukan berdampak buruk untuk akun blogger anda, sehingga saran saya lebih baik memisahkan email blog dengan email youtube untuk berjaga-jaga.

Sekali lagi bahwa tips ini jika chanel anda hasil re-upload video kalu chanel original santai saja.

2. Koneksi Internet yang Stabil

Jika anda ingin menjadi youtubers, tips yang perlu diperhatikan adalah anda harus memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil. Koneksi yang cepat dan stabil menjadi hal penting sebelum anda menjadi youtubers, pasalnya untuk mengupload video memerlukan data internet yang besar agar video terunggah dengan cepat.

Saya sarankan untuk menggunakan koneksi wifi dibandingkan dengan modem agar lebih mudah nantinya ketika mendownload video atau mengupload video anda.

Koneksi internet yang cepat dan stabil akan membuat anda semangat dan konsisten mengunggah video, karena jika koneksi lambat dapat membuat anda malas sehingga menjadi tidak konsisten mengupload video dan berakibat kesulitan mendapat viewers

3. Buat Video Dengan Konten Yang Awet

Apa itu konten yang awet?

Konten yang awet berarti video itu akan tetap populer dan tetap banyak dilihat walaupun sudah lama diupload. Contoh konten yang awet misalnya video lucu, kumpulan kejadian unik, video kucing menggemaskan dan lain-lain. Yang intinya video tersebut akan tetap banyak dicari dan tidak kenal waktu.

Bagaimana konten yang tidak awet?

Yaitu konten video yang hanya booming sesaat, misalnya video parodi pen apple pen, parodi gangnam syle dan lain-lain. Memang video tersebut dapat mendapat banyak viewers namun sayangnya hanya sesaat dan ditambah lagi jika anda youtubers pemula akan sulit bersaing dengan youtubers yang sudah banyak viewersnya.

Video semacam itu juga mudah garing sehingga viewers dapat terjun bebas atu menurun drastis jika video tersebut sudah dirasa garing oleh masyarakat. Sebaliknya jika konten tersebut awet viewers akan cenderung stabil.

4. Buat Video Yang Banyak Dicari

Masih ada kaitannya dengan konten yang awet, karena video yang banyak dicari kebanyakan adalah konten yang awet seperti yang saya sebutkan diatas. Namun jika anda ingin mendapat banyak viewers dengan cepat yang harus dilakukan yaitu membuat video yang cepat booming.

Caranya yaitu mengikuti perkembangan tren yang sedang terjadi di masyarakat, misalnya yang pernah terjadi yaitu membuat video om telolet om yang sempat booming di ahir tahun 2016. Kuncinya yaitu mengikuti perkembangan yang terjadi di masyarakat dan dikombinasi dengan kreatifitas anda dalam membuat video.

5. Promosikan Video

Satu hal yang sangat penting sebelum rutin mengupload video yaitu memikirkan lewat mana video akan dipromosikan. Ada beberapa cara untuk mepromosikan video agar banyak viewers yang melihat vdeo anda, yang paling utama tentu saja media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+.

Sejuh ini media sosial tersebut banyak digunakan Youtubers untuk mempromosikan videonya. Banyak yang membagikan di akun pribadinya atau group yang mengijikan untuk saling berbagi link.

Namun anda juga dapat memanfaatkan aplikasi chating yang anda gunakan sehari-hari sebut saja Line, Blackberry Mesenger atau Whatsapp. Dengan membagikan link video kepada teman anda atau di group chating akan membuat banyak orang mengetahui video anda dan meningkatkan jumlah viewers video tersebut.

6. Hasilkan Dolar Dengan Google Adsense

Ada dua pilihan untuk anda mendaftarkan chanel anda ke Google adsense

  • Upload satu video dan langsung dimonetisasi
Artinya setelah mengupload video pertama, anda langsung mendaftarkannya ke Google Adsene. Caranya pun cukup mudah, dan walaupun baru satu video yang diupload saya pastikan dapat langsung diterima Google Adsense (nggak kaya blog). Selagi tidak konten yang dilarang oleh Youtube. 

Kelemahannya yaitu pendapatan akan sulit meningkat karena trafik atau viewers yang masih sedikit.

  • Sudah rajin upload video baru dimonetisasi
Artinya video baru dimonetisasi setelah video sudah banyak dan memiliki viewers yang lumayan. Keuntungannya yaitu setelah video dimonetisasi penghasilan akan cepat bertambah, karena sudah membangun trafik yang baik.

Sebelum mengupload video alangkah baiknya melihat artikel
Konten Yang Dilarang Youtube

7. Niat dan Doa

Tanpa adanya niat yang kuat banyak usaha yang akan sia-sia, jadi sebelum benar-benar terjun payung (terjun ke dunia Youtube) sebaiknya bulatkan niat anda terlebih dahulu dengan mencari motivasi, motivasi misalnya "saya bisa kaya jika rutin upload video" dan sebagainya agar anda termotivasi sehingga bisa konsisten mengupload video.

Doa ya doa. Apapun usaha anda selalu imbangi dengan doa, maka Tuhan akan melancarkan segala usaha anda. Amin.

Demikian tips awal menjadi youtubers semoga bermanfaat.

Saling berbagi pengetahuan dengan menulis. Semoga tulisan saya bermanfaat, keep blogging and writing. Kunjungi saya di Google+

1 komentar so far

Freechip 20k untuk new member yang terdaftar di hari minggu
khusus untuk permainan WM CASINO
dapatkan juga promo menarik lainnya hanya di agens128

jangan lupa di ajak teman teman nya ya guys ... Info Lebih Lanjut Hubungi Contact Kami :
BBM : D8B84EE1 / BBM : AGENS128

-Berkomentar dengan sopan
-Jangan sertakan link aktif
EmoticonEmoticon