DMCA Protection Lindungi Artikel Anda Dari Copas

Tags


DMCA Protection lindungi artikel anda dari copas - Anda penulis konten original? Jangan sampai artikel anda di copas. Simak artikel berikut!

Copas atau copy paste dengan meniru sebagian atau seluruh tulisan pada artikel adalah tindakan yang seharusnya tidak dilakukan oleh blogger, namun kegiatan ini marak terjadi dengan berbagai tujuan. Sehingga membuat para blogger yang membuat konten original atau tulisan tangannya sendiri merasa geram, akibatnya beberapa cara dilakukan untuk melindungi artikelnya salah satunya yaitu dengan memasang script anti copy paste.

Script anti copy paste banyak dibagikan dan beredar dimana-mana, dengan fungsi untuk mematikan fungsi klik kanan, mematikan fungsi Ctrl+C, Ctrl+V yang intinya tulisan tidak bisa di copy. Padahal memasang script ini mempunyai beberapa kerugian diantarannya yaitu,
  • Artikel menjadi sulit terindeks oleh Google
  • Mematikan fungsi klik kanan yang lain selain copy, clik kanan tidak hanya untuk mengcopy tapi juga banyak tombol lain yan bermanfaat bagi blog diantaranya yaitu Bookmarks.
  • Template menjadi kurang Seo friendly
  • Yang paling penting yaitu membuat pengunjung kecewa dan enggan kembali ke blog tersebut, karena belum tentu semua pengunjung akan mengcopas artikel.

Lalu bagaimana solusinya?

Beralihlah ke cara yang lebih modern dan profesional, yaitu dengan mendaftarkan website atau blog anda ke situs pelindung hak cipta. Diantarannya yaitu DMCA, Creative Commons, Copyscape, My Free Copyright, Blogcopy dan masih banyak lagi, namun disini saya akan mengulas salah satu diantaranya yaitu DMCA.

Digital Millennium Copyright Act atau DMCA adalah situs perlindungan hak cipta yang tentunya bertujuan untuk melindungi hak cipta konten yang ada pada situs website atau blog dari berbagai tindakan pelanggaran hak cipta. Sehingga artikel didalam blog terdaftar secara resmi dan dapat diproses blia ada yang melakuakn pelanggaran hak cipta terhadap konten tersebut.

Sudah banyak para blogger yang telah mendaftarkan blognya ke DMCA agar artikelnya terhindar dari copy paste apalagi dari AGC (Auto Generate Content) atau menyalin 100% artikel pada suatu blog. Bisa dibayangkan bagaimana lelahnya menulis sekian banyak artikel original namun para copaser tidak sampai satu jam bisa punya artikel yang sama banyaknya, tentu muncul rasa jengkel atau emosi.

Tetapi jangan kawatir karena pada ahirnya yang benar akan selalu menang, alasannya yaitu sebagian besar blog atau artikel hasil copy paste tidak akan berumur lama alias di banned Google. Caranya yaitu dengan mendaftarkan konten original anda ke situs pelindung hak cipta DMCA.

Dengan begitu bila nantinya anda menemukan blog yang melakukan copy paste terhadap sebagian atau semua artikel anda dapat langsung melaporkannya ke Google melalui DMCA, dan blog yang terindikasi copas tersebut akan diproses serta sangat memungkinkan di banned oleh pihak Google.

Lalu bagaimana agar konten dilindungi oleh DMCA?

Anda hanya perlu mendaftarkan blog anda ke DMCA dan memasang Badge perlindungan yang desediakan DMCA. Berikut ini saya akan mejelaskan cara mendaftar dan memasang Badge DMCA untuk melindungi artikel blog anda dari copas.

1. Yang pertama yang harus dilakukan yaitu masuk ke situs DMCA

2. Anda akan masuk halaman DMCA lalu scroll ke bawah, kemudian isikan form untuk mendaftar. Untuk company name terserah anda bisa berangan-angan, lalu klik Submit


3. Kemudian pilih Badge yang akan dipasang di blog anda, pilih sesuai keinginan usahakan sesuai dengan warna template blog anda. Copykan kode tersebut, kemudian klik Add to Blogger


4. Selanjutnya ada tampilan konfirmasi dari pihak Blogger, pilih blog anda, judul bisa ditulis DMCA Protection atau tidak diisi bila hanya ingin menampilkan gambar saja. Edit Konten, bila belum trantum kode yang tadi tinggal pastekan lagi. Lalu klik Menambah Widget.


5. Kemudian anda akan dibawa ke Tata Letak, tempatkan sesuai keinginan.

6. Simpan dan lihat blog anda, Badge DMCA sudah terpasang.


Sampai disitu akun akan aktif selang 30 hari ke depan, jadi jangan copot Badge DMCA. Jika ingin login pasword sudah diberikan pihak DMCA ke email anda. Demikian cara melindungi blog dari orang yang copas artikel anda, jika ingin meningkatkan pelayanan dapat beralih ke DMCA Pro yang berbayar. Sekian artikel dari saya semoga beranfaat.

Saling berbagi pengetahuan dengan menulis. Semoga tulisan saya bermanfaat, keep blogging and writing. Kunjungi saya di Google+

5 komentar

nomensen-roynaldo-sitompul.blogspot.com

Mantab!
Jangan lupa juga untuk mengunjungi blog saya: https://www.infotekno.id

Akan saya coba ikit sarannya Gan! Syalams blogging!

Belajar dapodik di www.dapodiktutor.com

This comment has been removed by the author.

-Berkomentar dengan sopan
-Jangan sertakan link aktif
EmoticonEmoticon