Pilih Group Blogger Facebook Atau Google+ ?

Tags



Pilih group blogger Facebook atau Google+ ?- Apakah anda sering menemui kesulitan saat ngeblog, tapi bingung mau gimana? Simak artikel berikut!

Menjadi blogger tidak hanya tentang menulis artikel tapi banyak hal lain yang harus dipelajari. Misalnya saja mengedit HTML, mengatur tata letak, seting webmaster tools, tentang Adsense, dan masih banyak lagi lainnya.

Terkadang ketika mempelajari atau menghadapi banyak hal tersebut sering ditemui kesulitan yang tidak bisa diselesaikan sendiri, karena mungkin pengetahuan yang kurang terhadap masalah tersebut. Solusinya yaitu mencari penjelasan dari artikel blogger lain.

Namun juga tidak mudah ketika harus mencari artikel yang sesuai dengan masalah yang dihadapi. Dan bila tidak kunjung mendapatkan solusi yang diharapkan jalan terahir yaitu bertanya pada sesama blogger, cara bertanya diantaranya yaitu,

  • Bertannya pada blogger yang menulis artikel tentang topik masalah yang anda hadapi, dengan memanfaatkan kolom komentar untuk menyampaikan pertayaan. 
  • Bertanya pada blogger melalui form contact us yang tercantum di blognya deengan mencantumkan alamat email, namun ada juga yang tanpa perlu alamat email. (jarang dibalas)
  • Bertanya pada forum atau group blogger (paling efektif)

Bertanya pada forum atau group blogger saya rasa sebagai cara yang paling efektif untuk menanyakan masalah yang dihadapi. Karena banyak orang yang melihat pertannyaan anda memungkinkan munculnya jawaban dari pertanyaan yang anda ajukan.

Banyak forum atau group blogger yang bisa anda manfaatkan untuk bertannya bila mengalami kesulitan atau sekedar sharing pengalaman tentang blog. Group itu ada dari Facebook, Whatsaap, bbm, dan Google+, tapi yang paling populer hingga saat ini adalah Facebook dan Google+ yang memiliki ribuan anggota didalamnya.

Berikut ini saya akan mengulas sedikit mengenai group blogger Facebook dan group blogger Google+

Kelebihan dan Kekurangan Group Blogger Facebook
  • Memiliki ribuan anggota hingga ratusan ribu
  • Banyak yang membagikan link aktif padahal itu dilarang admin group ataupun pihak Google sendiri
  • Kurangnya pengawasan dan penindakan, olshop bisa seenaknya masuk
  • Sering terjadi buly karena obrolan yang melenceng atau pertanyaan dianggap kurang berkualitas
  • Banyak akun labil yang masih sangat awam dengan blog tapi sudah masuk group

Kelebihan dan Kekurangan Group Blogger Google+
  • Pengawasan secara ketat sehingga spam link dapat segera dihapus
  • Banyak blogger profesional sehingga memiliki kesadaran untuk tidak membagikan link, jikapun perlu mereka tidak membagikan link aktif, misal manadolarku(dot)com 
  • Banyak blogger master yang lebih aktif di Google+ 
  • Pertanyaa akan dijawab dengan sebaik-baiknya dan no buly
  • Tempat mencari jawaban yang paling efektif 

Contoh Group Blogger Facebook
  • Blogger Indonesia
Group dengan nama Blogger Indonesia sendiri memiliki 3 group dengan jumlah anggota yang berbeda. Pada saat artikel ini saya tulis dari 3 group Blogger Indonesia tersebut mencapai 110.790, 198.666, dan 8.256 anggota. Saya juga join dalam group ini karena group ini tertutup jadi jika ingin melihat thread anggotanya harus join terlebih dahulu. Memang group ini banyak anggotanya tapi banyak kelemahannya juga seperti yang saya sebutkan diatas.

  • Google Adsense Indonesia
Seperti dengan namanya group ini adalah kumpulan para Publisher Adsense walaupan banyak juga yang belum menjadi Publisher Adsense boleh bergabung. Pada saat artikel ini saya tulis group ini mempunyai 68.949 anggota. Group ini pengawasannya lebih ketat dari 3 group yang saya sebutkan diatas, karena banyak anggota yang sadar untuk tidak spam link, bahkan bila ada yang spam langsung di tegur oleh anggota lainnya.


Contoh Group Blogger Google+
  • Blogger Indonesia
Group blogger Google+ yang satu ini pada saat artikel ini saya tulis memiliki 60.657 anggota, namun sayangnya group ini seolah-olah tidak terurus, karena banyak yang membagikan tautan link ataupun artikel. Dan jarang juga thread yang bertanya seputar blog atau adsense malah anggotannya lebih sering share tentang artikel atau blog.

  • Indonesian Adsense Publisher Discussion
Indonesian Adsense Publisher Discussion atau disingkat IAPD saat ini memiliki 61.541 anggota. Group yang satu ini saya rasa menjadi group yang paling baik bagi anda yang ingin belajar tentang blog dan adsense lebih serius lagi. Pasalnya banyak blogger profesional yang setiap harinya aktif untuk menjawab pertannyaan dari anggota lainnya. Group ini juga terbilang ketat dan bersih karena jarang sekali ada postingan yang tidak sesuai dengan aturan forum. Anda juga dapat menyimak thread anggotanya untuk menambah pengetahuan anda.

Demikian ulasan saya mengenai group blogger Facebook dan group blogger Google+, jika anda seorang blogger sangat disarankan untuk join dalam group karena banyak manfaat yang akan didapatkan, namun tatap pilih group yang berkualitas agar anda juga dapat berkembang lebih baik. Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat.

Saling berbagi pengetahuan dengan menulis. Semoga tulisan saya bermanfaat, keep blogging and writing. Kunjungi saya di Google+

1 komentar so far

Freechip 20k untuk new member yang terdaftar di hari minggu
khusus untuk permainan WM CASINO
dapatkan juga promo menarik lainnya hanya di agens128

jangan lupa di ajak teman teman nya ya guys ... Info Lebih Lanjut Hubungi Contact Kami :
BBM : D8B84EE1 / BBM : AGENS128

-Berkomentar dengan sopan
-Jangan sertakan link aktif
EmoticonEmoticon