Cara Menulis Artikel Yang Benar dan Menyenangkan

Tags




Cara menulis artikel yang benar dan menyenangkan - Baru belajar ngeblog? Belum tau cara menulis artikel yang benar sekaligus menyenangkan? Simak artikel berikut!


Menulis artikel sebenarnya adalah hal yang menyenangkan bila sepenuh hati mengerjakannya, namun ada kalanya seorang blogger merasa bosan untuk menulis artikelnya. Dan jika anda seorang blogger pemula ada baiknya menyimak artikel Cara menulis artikel yang benar dan menyenangkan berikut ini,

1. Sesuaikan Artikel Apa Yang Hendak Anda Tulis


"Yah kalo cuma gitu saya juga tau", tapi yang dimaksud disini adalah memikirkan topik yang sesuai dengan tema blog anda. Sebenarnya saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar pada poin yang satu ini karena para blogger pasti tau apa yang hendak ia tulis. Namun yang perlu saya tekankan adalah memanfaatkan sekecil apapun informasi, karena sekecil apapun informasi kalau itu original tulisan tangan anda sendiri tentunya akan dirasa sangat berharga dimata Google.

Namun bila anda kebingungan mencari materi, tidak ada salahnya melihat artikel blogger lain dengan menggunakan sistem ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) Yang paling penting adalah Modifikasi, setelah anda mendapatkan materi yang dibutuhkan, susunlah menggunakan bahasa anda sendiri dan jangan sampai tulisan anda sama persis dengan blog lain sehingga Google membaca bahwa itu adalah tulisan anda dan bukan hasil copy paste. Artikel hasil copy paste tidak akan diterima adsense!.

Baca juga, Cara Mendaftar Adsense Dari Blog Anda Asendiri


2. Buatlah Kerangka Artikel Yang Hendak Ditulis



Jika anda seorang pemula dan belum mahir merangkai kata untuk bicaraa.. hmm.. Gunakanlah pelajaran SD dulu yaitu membuat kerangka karangan, dengan membuat kerangka artikel maka ide dan tulisan akan lebih terarah dan tidak akan muter-muter dalam menjelaskan.

 Misalnya kerangka yang simpel seperti ini, Pendahuluan - Pengenalan inti - Inti - Penutup - Harapan. Itu merupakan kerangka yang simpel namun bila dijabarkan akan menghasilkan lebih dari 500 kata.

Anda dapat membuat kerangka tulisan anda sendiri yang tentunya disesuaikan dengan topik yang akan dibahas. Usahakan tulisan anda lebih dari 500 kata karena dengan tulisan yang semakin panjang dan lengkap  tentunya akan membantu dalam menciptakan artikel yang berkualitas.

3. Buat Pembaca Nyaman Dengan Tulisan Anda


Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar pembaca/viewers tidak akan membaca artikel dari awal sampai ahir, karena mereka hanya mencari inti dari pembahasan itu. Saya juga menyadari akan hal itu terhadap artikel - artikel saya. Namun yang penting adalah tetap berusaha agar pengunjung merasa nyaman dan mau berlama-lama di artikel anda.

Perlu diketahui apa saja yang membuat para pengunjung merasa nyaman dan tidak nyaman, agar anda dapat menentukan tindakan yang tepat.
  • Paragraf= Pengunjung tidak suka beberapa ratus kata hanya dalam satu paragraf. Jadi mainkan tombol enter jangan menulis satu paragraf terlalu panjang.
  • Font= Pengunjung kurang suka terhadap ukuran font yang semuanya sama, jadi berikan ukuran font yang lebih besar untuk poin-poin yang penting misal judul.
  • Bold dan Italic= Pengunjung akan merasa bosan dengan tulisan yang biasa-biasa saja, jadi gunakan tools Bold dan Italic untuk tulisan/kalimat yang dianggap penting.
  • Warna Tulisan= Seperti pada tulisan saya, untuk kalimat dialog saya berikan warna yang berbeda agar bisa menjadi perhatian dan tidak membuat penunjung bosan.
  • Buat pengunjung penasaran dan memaksa mereka membaca hingga ahir.
  • Jangan menggunakan bahasa yang berbelit-belit


4.  Pakai Alat Bantu


Saya punya kelemahan dalam mengetik, yaitu tidak bisa mengetik dengan cepat secepat munculnya ide yang telah ada dalam pikiran. Jadi ide sudah terkumpul banyak namun baru mengetik sebagian saja dan membuat ide yang ada itu hilang ataupun susah merangkainya kembali. Maka dari itu saya menulis dulu apa yang ada dalam pikiran saya baru kemudian mengetiknya

Walaupun ini terkesan lama, namun akan membuat hasil tulisan lebih maksimal. Ide tidak akan hilang dan akan membuat lebih cepat dalam memikirkan poin-poin selanjutnya. Dengan menuliskannya terlebih dahulu akan membuat kaliat demi kalimat terasa nyambung satu sama lain. Sama halnya dengan membuat kerangka, namun bisa lebih di perinci dan dijabarkan lagi.

Dengan menulis terlebih dahulu akan membuat pekerjaan dalam satu artikel akan selesai lebih cepat, karena terkadang bila langsung mengetik dan saat kehilangan ide maka tulisan tidak jarang berahir menjadi draf dan itu tidak menyenangkan.

Namun itu hanya saran saja, jika anda sudah profesional dan sangat mahir menuangkan ide dengan langsung mengetik itu sah-sah saja dan bahkan lebih bagus.

5. Menulis Pada Waktu Luang


Sehingga anda bisa menulis dengan fokus dan tanpa beban pikiran yang lain. Karena menjadi blogger adalah pekerjaan yang santai jadi menulislah sambil santai-santai, bisa di sore hari atau kapan saja dikala luang. Santai tapi serius jangan malas untuk menulis, minimal publish 3 artikel seminggu. Itu akan membuat blog anda cepat berkembang dan tentunya cepat juga mendapat dolar dari blog.


Sekian artikel dari saya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Saling berbagi pengetahuan dengan menulis. Semoga tulisan saya bermanfaat, keep blogging and writing. Kunjungi saya di Google+

-Berkomentar dengan sopan
-Jangan sertakan link aktif
EmoticonEmoticon