Cara Menulis Artikel Lebih Dari 500 Kata

Tags


Cara menulis artikel lebih dari 500 kata - Kenapa harus menulis artikel lebih dari 500 kata? Simak artikel berikut!

Artikel yang memuat teks yang panjang dan lengkap sangat disukai oleh Google, karena menganggap tulisan tersebut masuk kriteria berkualitas. Banyak blogger yang mengatakan bahwa tulisan yang lengkap dan mengulas secara mendalam dengan lebih dari 500 kata akan meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) sehingga artikel tersebut berada di posisi atas dalam mesin pencari Google.

Memang masuk akal tulisan yang lengkap sudah selayaknya menduduki posisi teratas dibandingkan dengan artikel yang hanya sedikit mengulas suatu topik.

Apakah 500 kata itu banyak?

Tidak juga, 500 kata sebenarnya hanya sedkit apalagi bila anda mempunyai pengetahuan yang luas tentang topik yang sedang anda tulis. Bahkan saya sering tidak sadar tulisan sudah mencapai 900 kata lebih, apalagi para blogger berpengalaman diluar sana, 500 kata tentunya bukan suatu masalah.

Apakah anda kesulitan dalam mencapai 500 kata?

Jika iya, berikut ini saya sajikan Cara menulis artikel lebih dari 500 kata

1. Buat Kerangka Tulisan


Dengan membuat kerangka tulisan terlebih dahulu akan bermanfaat dalam mengarahkan jalannya tulisan tersebut. Dan juga dengan mudah mengetahui poin-poin apa saja yang hendak ditulis, sehingga dapat memperkirakan seberapa panjang tulisan itu selesai nantinya.

2. Gunakan Sedikit Basa-Basi


Disini yang dimaksud menggunakan sedikit basa-basi adalah dengan membicarakan masalah namun tidak langsung pada inti dari masalah tersebut. Hal ini sebagai cara mengakali bila anda kekurangan materi, namun jangan gunakan kalimat basa-basi terlalu sering karena lebih baik langsung pada intinya.

Nah contohnya seperti pada kalimat diatas "Disini yang dimaksud menggunakan sedikit basa-basi adalah", mungkin anda tidak sadar bahwa itu merupakan kalimat yang mengandung basa-basi. Bisa saja saya menuliskan langsung pada intinya, tapi dengan menuliskan sedikit basa-basi dengan kalimat tersebut akan menambah 8 kalimat. Yang tentunya akan menambah jumlah keseluruhan kalimat.

Namun yang perlu digaris bawahi adalah jangan sampai kalimat itu benar-benar basi!


3. Cari Materi Seluas-Luasnya



Seperti yang saya katakan diawal tadi bahwa blogger yang punya wawasan luas mengenai topik yang akan ditulisnya tidak akan kesulitan dalam menulis lebih dari 500 kata.

Untuk itu carilah materi yang banyak terlebih dahulu sebelum menuangkan ke dalam tulisan. Karena bila sudah mengetahui banyak materinya akan dengan mudah menulis panjang dan lengkap.

Lakukan Blogwalking atau menjelajahi artikel milik blogger lain, selain mendapatkan informasi dari blog tersebut, melakukan Blogwalking dipercaya dapat meningkatkan keberadaan blog anda di mata Google. Namun jangan sampai melakukan spam link pada komentar serta jangan mengcopy paste blog yang anda jelajahi.

Baca juga, Cara Menulis Artikel Yang Benar Dan Menyenangkan


4. Manfaaatkan Bagian Pendahuluan Dan Penutup


Terkadang isi topik dalam artikel hanya berjumlah beberapa ratus kata saja. Dengan begitu perlu diakali dengan menuliskan pendahuluan dan penutup pada tulisan tersebut, tentunya supaya tulisan mencapai 500 kata.

Pendahuluan atau penutup identik dengan karakter si penulis, jadi gunakan bahasa anda sendri dan buat itu seunik mungkin.

5. Ketahui Jumlah Kata Dalam Tulisan Anda


Bila anda ingin mengetahui jumlah kata yang sudah anda tulis, caranya tinggal copy tulisan anda lalu buka Ms. Word, kemudian paste tulisan anda. Di pojok kiri bawah akan menunjukan jumlah kata yang sudah anda tulis.


6. Jadikan 500 Kata Sebagai Pedoman Di Setiap Artikel Anda



Dengan menjadikannya pedoman maka anda akan termotivasi untuk membuat tulisan yang panjang dan lengkap. Walaupun kirannya topik sudah dibahas namun setelah di cek belum mencapai 500 kata, maka jangan buru-buru mempublish tulisan anda.

Sebaiknya tambahkan poin-poin yang sekirannya masuk dalam topik. Lakukan terus menerus maka akan menjadi kebiasaan baik untuk anda.


Kesimpulan

Menulis artikel lebih dari 500 kata bukan hal yang sulit, namun bila anda tidak mau menuliskan terlalu panjang dan mencapai 500 kata itu juga terserah anda pribagi. Yang pasti apa yang kau tanan itu yang akan kau tuai, jadi bila anda melas-malasan dalam menulis artikel maka jangan berharap kesuksesan menjadi blogger mudah didapat. Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat.


Saling berbagi pengetahuan dengan menulis. Semoga tulisan saya bermanfaat, keep blogging and writing. Kunjungi saya di Google+

1 komentar so far

I hope the writer and the team will be more successful
Allow me to give also information about my profile and my hobby

-Berkomentar dengan sopan
-Jangan sertakan link aktif
EmoticonEmoticon